Pengenalan Dasar VPN (Virtual Private Network)

Share on :
EdyPk Blog - VPN (Virtual Private Network) adalah jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium non-pribadi, misalnya internet untuk menghubungkan antar remote-site secara aman.

Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.

VPN biasanya digunakan untuk instansi atau kelompok tertentu di dalam jaringan internet (publik), dimana jaringan privat ini seolah-olah sedang mengakses jaringan lokalnya tapi menggunakan jaringan public, VPN juga koneksi Virtual yang bersifat private.

Mengapa disebut VPN, karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut private, jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya private yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN menghubungkan PC dengan jaringan public atau internet namun sifatnya private, karena bersifat private maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini untuk mengaksesnya & VPN sangat diperlukan keamanan data yang powerfull.

0 komentar:

Posting Komentar

Abis icip-icip artikel, Jangan lupa komentarnya ya gan ^_^

Blogsite dofollow nihh.. Powered by EdyPk Blog

 

Copyright © EdyPk blog - All Right Reserved.